Personal Blog

YouTube Error Massal: Video Lenyap Begitu Saja

youtube-error-massal-video-lenyap-begitu-saja

Beberapa hari belakangan banyak pengguna YouTube yang mengeluhkan hilangnya video dari channel favorit mereka. Tidak hanya pengguna biasa, bahkan content creator-pun ada yang panik karena videonya hilang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan apapun.

Bahkan sampai review aplikasi YouTube mendapat serangan dari pengguna karena hal tersebut.

Kejadian ini tampaknya tidak hanya terjadi di Indonesia, pengguna YouTube dari luar negeri bahkan dari negeri asal YouTube, Amerika Serikat, sendiri juga mengalami hal sama.

Saya sendiri sudah banyak melakukan pencarian tentang apa yang menyebabkan hal ini. Banyak komentar, postingan forum dan berita yang sudah saya baca.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan kejadian ini?

Spekulasi

Jika kita membaca postingan forum dan review aplikasi YouTube, maka kita akan menemukan banyak spekulasi-spekulasi dari pengguna tentang apa sebenarnya yang menyebabkan kejadian ini. Belum ada yang tahu pasti mengapa YouTube tiba-tiba mengalami error seperti ini. Apa saja spekulasi pengguna?

1. Mode Terbatas Aktif Sendiri

Banyak pengguna yang berspekulasi bahwa hal ini disebabkan karena Restricted Mode (Mode Terbatas) YouTube yang tiba-tiba aktif sendiri dan tidak bisa di-nonaktifkan kembali.

Beberapa mencoba untuk me-nonaktifkan Mode Terbatas namun gagal karena ada pesan bahwa Mode Terbatas diaktifkan oleh administrator jaringan.

Spekulasi ini mencuat karena sifat dari error YouTube ini mirip ketika kita mengaktifkan Mode Terbatas. Video-video yang tidak layak tonton oleh mereka yang cukup umur akan hilang. Bahkan komentar video pun tidak bisa dilihat.

2. Diblokir Kominfo

Seperti yang kita ketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sangat gencar dalam memblokir konten-konten negatif di jaringan internet Indonesia. Bahkan beberapa bulan lalu, Kominfo menggunakan mesin sensor internet canggih untuk mempercepat pemblokiran konten negatif.

Beberapa pengguna ber-spekulasi bahwa hilangnya konten-konten video mereka karena diblokir oleh Kominfo.

3. Diblokir Provider Jaringan

Walaupun pemblokiran oleh Kominfo seperti alasan yang kuat, namun beberapa pengguna menemukan fakta bahwa ada juga video-video yang sama sekali tidak termasuk konten negatif yang ikut diblokir.

Selain itu pengguna ternyata masih bisa mengakses video yang sebelumnya diblokir jika menggunakan jaringan internet dari provider lain.

Maka spekulasi pemblokiran mengarah pada beberapa provider internet yang sengaja mengaktifkan Mode Terbatas di jaringan mereka untuk menyaring konten negatif.

4. Pemblokiran Alex Jones

Beberapa hari yang lalu, media internasional cukup dihebohkan oleh pemblokiran akun sosial media dan konten video miliki Alex Jones oleh Facebook, Apple dan YouTube.

Alex Jones dikenal sebagai sumber dari banyak teori konspirasi, hoax dan komentar-komentar kebencian.

Ulah Alex Jones ini dianggap telah menyalahi aturan dari Facebook, Apple dan YouTube. Sehingga ketiga platform tersebut kompak melakukan pemblokiran terhadap akun-akun media sosial milik Alex Jones. Tidak hanya akun pribadi Alex Jones, semua yang berhubungan dengan Alex Jones acara podcast InfoWars juga ikutan diblokir.

Hal ini menyebabkan spekulasi berdatangan dari pengguna YouTube yang berada di negeri Paman Sam. Mereka berspekulasi YouTube melakukan pemblokiran terhadap channel YouTube yang dianggap mendukung Alex Jones.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Namun perlu saya tekankan bahwa spekulasi hanyalah spekulasi. Spekulasi biasanya tidak berdasarkan fakta yang sebenarnya. Hanya pendapat dari sebagian orang saja. Setiap orang sah-sah saja mengeluarkan spekulasi dari suatu kejadian.

Lalu apa spekulasi dari saya?

Well, itu cuma bug YouTube.

Seperti yang kita ketahui saat ini YouTube sedang mengembangkan creator studio versi baru. Pada tahap pengembangan ini saya sendiri banyak menemukan kejanggalan-kejanggalan pada YouTube. Beberapa hari lalu saya tidak bisa beralih dari brand channel ke channel utama. Saya harus logout dulu agar bisa kembali ke channel utama saya.

Beberapa hari yang lalu YouTube memperkenalkan Mode Penyamaran pada aplikasi YouTube versi mobile.

Kembali lagi beberapa minggu yang lalu YouTube mengalami masalah fatal pada pergelaran Piala Dunia 2018, yang mana pada saat itu, YouTube TV tidak bisa diakses oleh mereka yang sudah membayar biaya berlangganan YouTube TV.

Kesimpulannya, saat ini adalah saat-saat yang sibuk bagi YouTube. Mereka banyak melakukan perubahan-perubahan pada platform milik mereka. Maka bug adalah suatu yang natural terjadi.

Atau mungkin YouTube sedang melakukan pengembangan terhadap Mode Terbatas. Untuk itu mereka perlu melakukan beberapa tes terhadap pengguna.

Tapi itu hanya spekulasi saya saja. Belum tentu benar.

Lalu bagaimana solusinya?

Bagi Anda yang terkena masalah ini ada baiknya Anda menggunakan VPN untuk sementara waktu hingga YouTube menyelesaikan masalah ini. Anda bisa membaca cara menggunakan VPN yang saya tulis sebelumnya di blog ini. Karena banyak pengguna yang berhasil mengakses video yang diblokir jika menggunakan VPN.

Untuk sementara saya rasa hanya itu yang bisa dilakukan sampai kita mendapat informasi lebih lanjut tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Saran saya bagi yang terkena masalah ini harus banyak bersabar dan lapang dada…

Jika ada kabar terbaru tentang kejadian ini, akan saya kabari. Tenang saja.

0 Comments
Tags: ,

Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

    Reply your comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked*