Home Tutorial Lengkap DaVinci Resolve 14 Bahasa Indonesia

Tutorial Lengkap DaVinci Resolve 14 Bahasa Indonesia

UPDATE: Tutorial ini akan digantikan oleh tutorial dalam bentuk buku yang akan diterbitkan dalam beberapa bulan lagi.

Selamat datang di Tutorial DaVinci Resolve 14 Bahasa Indonesia terlengkap dan satu-satunya di Indonesia!

Mungkin…

Tapi hey! Sulit sekali menemukan tutorial DaVinci Resolve 14 yang Berbahasa Indonesia. Ada beberapa yang saya temukan, tapi sudah lama tidak di update. Oleh karena itu, saya merasa tertarik untuk membuat tutorial ini. Karena saya sendiri adalah pengguna software DaVinci Resolve 14. Selain itu, mana tahu dengan membuat tutorial ini saya bisa menjadi terkenal dan disebut-sebut sebagai mastah DaVinci Resolve.

Sebuah motivasi tambahan, eh?

Pada halaman ini Anda akan menemukan link-link dari tulisan saya yang berhubungan dengan DaVinci Resolve. Saya usahakan untuk memberikan sedikit penjelasan tentang link tersebut.

Kata Pembuka

Pertama, tidak lengkap rasanya jika sebuah tutorial tidak diawali dengan kata pembuka. Maka dari itu, silahkan baca kata pembuka singkat dari saya. Sangat berguna untuk membuang waktu Anda yang berharga sebanyak 5 menit.

Inikah Software Video Editing Terbaik?

Saya sendiri merupakan mantan pengguna Adobe Premiere Pro. Dikarenakan rasa bersalah yang terus berkecambuk di dalam hati saya ketika menggunakan software Adobe Premiere Pro hasil crack, saya akhirnya memilih untuk bekelana menemukan software editing yang setidaknya bisa mendekati Adobe Premiere Pro.

Sebuah perjalanan yang tidak mudah memang. Tapi dengan niat tulus ikhlas untuk berhenti menggunakan software bajakan, saya akhirnya menemukan DaVinci Resolve 14. Ketika pertama kali menggunakan DaVinci Resolve 14, tersirat pertanyaan di benak saya, “Inikah software video editing terbaik di Bumi ini?”.

Setelah melakukan percobaan singkat terhadap DaVinci Resolve 14, saya akhirnya yakin bahwa memang benar, DaVinci Resolve 14 merupakan software yang bisa menggantikan Adobe Premiere Pro. Tidak hanya menggantikan, tapi lebih baik!

Spesifikasi Minimum yang  Nggak Minimum

Setelah menetapkan hati saya untuk serius mendalami software video editing DaVinci Resolve 14, saya berpikir untuk membuat tutorial tentang DaVinci Resolve 14. Mengapa? Karena seperti yang saya sebutkan di awal artikel tadi, sulit untuk mencari tutorial DaVinci Resolve 14 Bahasa Indonesia yang bagus dan lengkap.

Sebagai awalan, saya membuat artikel tentang spesifikasi minimum dari DaVinci Resolve 14. Layaknya software-software video editing lain, DaVinci Resolve membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi agar dapat bekerja dengan lancar. Setidaknya begitu dari yang saya baca di user manual DaVinci Resolve 14. Spesifikasi minimum yang tertera di user manual sama sekali nggak minimum.

Sebenarnya di user manual nggak dibilang minimum sih, tapi ‘recommended’.

Namun, saya mencoba menganalisa sendiri kira-kira seperti apa spesifikasi minimum yang bisa dijangkau oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Terutama bagi filmmaker pemula ataupun youtubers. Dari sedikit pengalaman yang saya punya tentang DaVinci Resolve, saya menyimpulkan spesifikasi minimum yang cukup untuk menjalankan DaVinci Resolve 14 pada artikel di bawah ini.

Sejarah Singkat DaVinci Resolve

“Tapi hey hey hey, saya tidak tahu apa itu DaVinci Resolve. Beri saya sedikit gambaran tentang software ini”.

Tenang!

Saya sudah menulis artikel tentang sejarah singkat DaVinci Resolve. Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu detail. Namanya saja sejarah singkat. Silahkan luangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini bawah ini untuk sedikit menambah wawasan Anda yang belum pernah mendengar nama DaVinci Resolve sebelumnya.

Pengganti Movie Maker

“Tapi tunggu dulu. Saya sudah biasa menggunakan Windows Movie Maker. Menurut saya tidak ada software editing video yang lebih baik dan mudah digunakan dari pada Windows Movie Maker”.

Memang benar!

Windows Movie Maker merupakan software video editing pilihan nomor 1 yang digunakan oleh para video editor pemula. Baik itu untuk mengedit video tugas sekolah, tugas kuliah atau mengedit video keluarga. Saya juga pengguna Windows Movie Maker.

Tapi, mau sampai kapan Anda menjadi pemula?

DaVinci Resolve merupakan software yang digunakan oleh para profesional. Memang DaVinci Resolve tidak lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Windows Movie Maker, tapi dengan sedikit belajar, saya jamin Anda bisa dengan mudah menggunakan DaVinci Resolve layaknya para profesional.

Anda bahkan juga bisa menjadi seorang video editor profesional dengan belajar DaVinci Resolve!

Link Download DaVinci Resolve 14 Gratis

“Oke, saya putuskan untuk menggunakan DaVinci Resolve 14. Di mana saya bisa download softwarenya?”.

Pertanyaan bagus!

Mengapa? Karena saya sudah ada artikel tentang itu!

Atau Anda bisa cari di Google saja sih link downloadnya.

Tutorial Cara Menginstall DaVinci Resolve 14

Oke! Sekarang kita masuk pada tutorial yang sebenarnya! Tentu saja, pertama dan pertama sekali adalah tutorial tentang cara menginstall software DaVinci Resolve 14 itu sendiri. Kalau belum diinstall, bagaimana bisa kita lanjut ke tutorial lainnya?

Tutorial ini merupakan tutorial dalam bentuk video yang saya upload ke YouTube.

Tutorial Dasar Editing DaVinci Resolve 14

Sekarang kita masuk ke dasar editing menggunakan DaVinci Resolve! Ini merupakan lanjutan dari video tutorial instalasi DaVinci Resolve.

Deliver Video Hasil Editing DaVinci Resolve 14

Setelah melakukan editing, tentu saja kita ingin video kita dirender menjadi hasil akhir yang siap untuk didistribusikan atau diupload ke YouTube. Pada video ini kita akan belajar bagaimana cara melakukan render dan upload di DaVinci Resolve 14

Database Database!

DaVinci Resolve memiliki media penyimpanan file project yang berbeda dengan software-software video editing lainnya. Jika software video editor seperti Adobe Premiere Pro menyimpan file project menggunakan ekstensi khusus (.prproj), DaVinci Resolve pakai database!

Hal ini menandakan bahwa DaVinci Resolve bukan software sembarangan. Karena ada banyak keunggulan yang bisa kita temui pada software yang menggunakan database sebagai media peyimpanannya. Seperti fitur kolaborasi antara video editor satu dengan lainnya. Media penyimpanan yang lebih reliable dan tentu saja cloud storage. Di mana Anda bisa melakukan penyimpanan ke internet dan berkolaborasi dengan rekan kerja yang berada di belahan dunia lain!

Namun tentu saja, tidak semua orang terbiasa dengan sistem database ini. Oleh karena itu saya sediakan sedikit informasi tentang sistem database yang digunakan oleh DaVinci Resolve 14.

Sampai di Sini Saja!

Well, setelah mendalami dan mendalami DaVinci Resolve dan segala perkembangan yang dibuat oleh Blackmagic Design dalam waktu yang relatif singkat, saya memutuskan melanjutkan tutorial ini dalam bentuk lain.

Yaitu dalam bentuk BUKU!

Karena bisa Anda lihat sendiri, tutorial ini sendiri agak berantakan dan malah akan menyulitkan bagi mereka yang serius ingin belajar tentang DaVinci Resolve. Oleh karena itu saya memutuskan untuk menulis buku tentang DaVinci Resolve yang akan saya selesaikan secepatnya!