Hours

Tujuan Ngeblog yang Sebenarnya

tujuan-ngeblog-yang-sebenarnya

Dengan sangat terasa, tulisan ini adalah tulisan saya yang ke-9 dalam 9 hari berturut-turut. Ya, sangat terasa sekali karena inilah pertama kalinya saya melakukan sebuah konsistensi selama 9 hari. Tapi tentu saja, artikel yang saya buat di blog ini menjadi terkesan tidak ada maknanya bagi kehidupan orang banyak. Well, apakah saya peduli?

Tidak.

Karena pada kenyataannya, saya menemukan sesuatu yang lain dari aktifitas menulis blog ini. Jika dulu saya menulis karena ingin mendapat perhatian, ingin terkenal, ingin dianggap pintar, ingin dianggap luar biasa. Kini saya menemukan makna baru dari ngeblog.

Ini tentang diri saya sendiri.

Ngeblog, sebagaimana seharusnya, bukan tentang mendapat perhatian, bukan tentang ingin terkenal, bukan karena SEO, bukan karena Adsense, bukan karena ingin menjadi penulis novel. Bukan.

Bukan.

Ngeblog adalah tentang menyampaikan ide, menyampaikan gagasan, berbagi pengalaman, berbagi ilmu, memberikan sesuatu yang baru, memberikan informasi. Baik itu dari individu atau kelompok.

Jika Anda seorang diri dan menulis blog pribadi, maka sampaikanlah apa yang ingin Anda sampaikan. Tulislah apa yang ingin Anda tulis. Jika Anda mewakiliki suatu kelompok, maka sampaikanlah tentang ide-ide dan gagasan yang ada di kelompok Anda. Jika Anda mewakili sebuah perusahaan, yakinkan pada konsumen Anda bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang berpengalaman, memiliki kapabilitas, memiliki integritas.

Sekarang kita sudah jauh dari tujuan aktifitas ngeblog dilakukan pada awalnya. Orang-orang ingin memiliki blog yang memiliki konten berkualitas, konten penuh informasi, konten yang banyak dicari, konten yang bisa menarik para pengiklan, konten yang bisa diterima Google Adsense.

Jika saya pikir lebih dalam lagi, apakah benar itu tujuan utama saya ngeblog?

Saya baru saja menemukan jawabannya.

Bukan.

Ngeblog bukan tentang mencari popularitas, bukan tentang membuat konten berkualitas, bukan tentang Adsense, bukan tentang semua itu.

Ngeblog adalah tentang diri saya sendiri.

0 Comments

Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

    Reply your comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked*