Personal Blog

Tidak Bisa Install DaVinci Resolve 14

tidak-bisa-install-davinci-resolve-14

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang mencoba menginstall DaVinci Resolve 14 di komputer adalah, "Mengapa DaVinci Resolve 14 tidak mau diinstall? Sudah berkali-kali dicoba, tapi tetap tidak mau".

Well, sebenarnya jawabannya mudah saja. Pastikan Anda menggunakan Windows 10. Karena Blackmagic Design selaku produsen DaVinci Resolve sudah tidak mendukung lagi sistem operasi Windows 7. Bahkan Windows 8 pun sekarang sudah mulai ditinggalkan.

Memang, 'tidak mendukung' bukan berarti tidak bisa digunakan. Beberapa kasus kita temukan DaVinci Resolve 14 bisa diinstall di Windows 7. Biasanya Windows 7 Professional. Namun seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel Spesifikasi PC Minimum DaVinci Resolve 14, masalah demi masalah akan muncul jika Anda tetap memaksakan menggunakan DaVinci Resolve 14 di komputer dengan sistem operasi Windows 7.

Masalah yang sering muncul jika Anda tetap bersikeras untuk menginstall DaVinci Resolve 14 di komputer Windows 7 adalah munculnya pesan seperti ini ketika Anda mencoba menjalankan file instalasi DaVinci Resolve 14:

A newer version resolve is already installed, please uninstall it in Control Panel.

Dari kalimatnya sudah jelas bahwa pesan tersebut memberi tahu bahwa sudah ada versi terbaru dari DaVinci Resolve yang terinstall. Tapi akan terasa aneh jika ini adalah pertama kalinya Anda menginstall DaVinci Resolve 14.

Sudah jelas pesan tersebut menandakan bahwa DaVinci Resolve 14 sudah tidak kompatibel dengan Windows 7. Toh, pesan pemberitahuannya saja sudah tidak akurat, bagaimana dengan fitur lain?

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggunakan DaVinci Resolve 14, sistem operasi Windows 10 adalah sebuah keharusan. Silahkan upgrade sistem operasi Anda ke Windows 10 sebelum menginstall DaVinci Resolve 14.

Memang, meninggalkan sistem operasi kesayangan merupakan suatu hal yang berat. Saya dulu juga demikian. Saya selalu setia menggunakan Windows 7 ketika orang-orang sudah banyak yang beralih ke Windows 10. Namun karena suatu hal yang membuat saya merasa ketinggalan jaman karena tidak menggunakan Windows 10, akhirnya saya beralih ke Windows 10. Sekarang saya malah kesulitan untuk beralih dari Windows 10.

Oke, semoga informasi singkat tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam menginstall DaVinci Resolve 14 di komputer yang menjalankan sistem operasi Windows 7. Kita akan bertemu lagi di artikel tentang DaVinci Resolve lainnya!

1 Comments

Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

    1 Comments

    1. Reza
      8 January 2019 at 3:22 am

      Bang, mau tanya, kenapa davinci resolve saya tiba tiba tidak bisa di buka ya bang? Padahal paginya saya masih pake untuk edit video. Saya pake mac untuk mengoprasikan davinci resolve, mohon pencerahannya

    Reply your comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked*