Spesifikasi PC Minimum DaVinci Resolve 14

Spesifikasi minimum sebuah software sekelas DaVinci Resolve 14 merupakan sesuatu yang menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak? DaVinci Resolve 14 tempatnya adalah di studio-studio Hollywood sana. Sudah barang tentu studio-studio tersebut memiliki spesifikasi PC diluar jangkauan masyarakat pada umumnya.

Sedangkan DaVinci Resolve 14 adalah sebuah software gratis (yang berbayar namanya DaVinci Resolve 14 Studio). Artinya, software tersebut bisa diakses dan digunakan oleh mereka yang punya PC jaman ketumbar sekalipun.

Siapa yang akan menggunakan DaVinci Resolve 14? Sudah barang tentu youtubers seperti yang sudah pernah saya bahas atau para filmmaker pemula yang sedang meniti karir. Dan tidak semua dari mereka yang memiliki spesifikasi mumpuni untuk menghandle software sekelas DaVinci Resolve 14.

Blackmagic Design selaku produsen DaVinci Resolve 14 sendiri tidak memberikan keterangan jelas tentang spesifikasi hardware minimum yang perlu Anda persiapkan untuk menjalankan DaVinci Resolve 14. Oleh karena itulah saya mencoba memberikan gambaran seperti apa kira-kira spesifikasi minimum yang perlu kita miliki untuk menjalankan DaVinci Resolve 14.

Sistem Operasi

  • Windows 8.1 Pro
  • Windows 10

Yup, Anda tidak salah lihat. DaVinci Resolve 14 hanya mendukung sistem operasi terbaru. Yaitu Windows 8.1 Pro atau Windows 10. Bagi Anda yang masih setia pada Windows 7 (atau Windows XP), maka Anda bisa gigit jari. DaVinci Resolve 14 sama sekali tidak mendukung sistem operasi lawas tersebut. Dari forum yang saya baca, jika Anda mencoba (dengan segala cara) untuk menginstall DaVinci Resolve di Windows 7, maka akan sering terjadi crash atau format yang tidak didukung. Beberapa kasus malah tidak bisa mengimpor video sama sekali.

Processor

Untuk processor, aman kita berasumsi jika untuk editing video minimal kita butuh processor Quad Core. Oleh karena itu spesifikasi minimumnya adalah:

  • Intel Xeon X3450
  • Intel Core i5-2310
  • Intel Core i5-3450S
  • AMD A6-3650
  • AMD FX-4100

Atau apa saja yang memiliki quad core murni. Bukan hyper-threading.

Namun tentu saja, lebih baru lebih baik dan lebih cepat juga lebih baik. Karena processor yang saya sebutkan di atas sudah termasuk processor berumur dan kecepatannya juga bukan terbaik di kelasnya.

RAM

  • DDR3 8GB

Sebenarnya Blackmagic Design menyarankan Anda untuk memiliki RAM minimal 16GB. Tapi karena artikel ini judulnya adalah spesifikasi minimum, maka saya rasa 8GB sudah cukup.

Mungkin.

GPU

Ini adalah bagian yang paling rumit. Karena ada banyak jenis GPU di luar sana. Blackmagic Design sendiri menyarankan untuk menggunakan GPU dengan SDRAM 8GB.

Apa GPU yang memiliki SDRAM 8GB? GTX 1080.

GPU High End.

Sekali lagi karena ini adalah spesifikasi minimum, maka menurut saya kita masih bisa selamat dengan menggunakan GPU dengan SDRAM setidaknya GDDR5 2GB.

Apa saja?

  • Nvidia GTX 750 Ti
  • Nvidia GTX 1050
  • RADEON R7 240
  • RADEON RX 560

Kecepatan GPU di atas juga bukan yang tercepat di kelasnya. Tetapi, video editing biasanya tidak terlalu membutuhkan kecepatan GPU. Beda halnya dengan gaming.

Monitor

Di Hollywood sana kemungkinan spesifikasi minimal monitor yang mereka gunakan adalah 4K. Tapi rekomendasi dari Blackmagic sendiri adalah:

  • Full HD Monitor 1920×1080

Mengapa harus Full HD? Karena monitor Full HD sudah menjadi standar bagi software-software video editing lainnya, seperti Adobe Premiere Pro. Jika Anda memiliki monitor di bawah Full HD, seperti 1366×768 misalnya, maka kemungkinan nantinya akan ada beberapa menu yang tidak tampil seluruhnya di monitor yang Anda gunakan.

UPDATE: Setelah saya coba pakai monitor dengan resolusi 1366×768, ternyata sama sekali tidak ada masalah. Malah DaVinci Resolve 14 bisa menyesuaikan tampilannya hingga pas dengan resolusi monitor 1366×768. Dengan begitu, maka aman jika saya katakan bahwa resolusi monitor minimum untuk DaVinci Resolve 14 adalah:

  • 1366×768

Spesifikasi PC yang Saya Gunakan

Sebagai penutup, berikut adalah spesifikasi PC yang saya gunakan. Ini bisa dibilang spesifikasi di bawah minimum. Karena saya sendiri pada kenyataannya tidak memiliki spesifikasi PC yang mumpuni (sama sekali tidak mendekati yang saya jabarkan di atas). Tetapi saya masih bisa melakukan editing video secara dasar. Tanpa banyak menggunakan effect dan color-grading, saya masih bisa dikatakan selamat.

Oleh karena itu bagi Anda yang tidak punya budget mencukupi untuk membeli hardware yang memenuhi spesifikasi minimum di atas, maka spesifikasi PC saya bisa untuk Anda jadikan rujukan jika Anda hanya ingin melakukan editing dasar.

Berikut spesifikasinya (mohon jangan ditertawakan):

  • Windows 10 Pro
  • Intel Pentium G2010 2.8GHz
  • RAM DDR3 6GB
  • Nvidia GTX 550 Ti
  • Monitor LG 22M47VQ Full HD

Yang paling tinggi dari spesifikasi PC saya palingan hanya GPU-nya saja. Processornya malah bikin bottleneck. Monitornya termasuk monitor Full HD terjangkau. Tetapi seperti yang saya bilang tadi, spesifikasi seperti itu sudah cukup untuk melakukan editing dasar. Maka bagi Anda yang memiliki PC sama malangnya dengan saya, Anda tidak usah khawatir. Saya masih bisa bekerja membuat video YouTube dengan PC yang saya gunakan, Anda seharusnya juga bisa.

Tapi jika Anda malah memiliki PC yang lebih menyedihkan dari yang saya punya, maka kuatkan diri Anda.

Baiklah semoga artikel ini membantu bagi Anda untuk mendapatkan gambaran seperti apa sadisnya spesifikasi PC yang diminta oleh DaVinci Resolve 14. Nantikan artikel lainnya tentang DaVinci Resolve 14 di blog ini!

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!