SEO Tidak Penting Bagi Personal Blog

Sebelum ini saya membuat tulisan dengam judul SEO Nggak Penting Lagi?. Namun setelah dipikir-pikir lagi selama hampir 24 jam, saya salah. Pada artikel tersebut, saya menyamaratakan semua blog tanpa mempedulikan berbagai faktor dan pertimbangan. Faktor yang membuat blog itu unik antara satu dengan yang lainnya. Tidak semua blog butuh SEO dan tidak semua blog tidak butuh SEO.

Jika Anda mengelola blog demi kepentingan bisnis, untuk meningkatkan penjualan, menjalin hubungan dengan customer, menaikkan traffic website Anda, maka Anda akan sangat membutuhkan SEO.

Berbeda halnya jika Anda hanya membuat blog personal. Sebuah blog yang berisi ide-ide dan tulisan tentang pengalaman Anda sendiri, maka Anda akan sangat jarang membutuhkan SEO.

Seperti blog ini.

Jadi, pada artikel tersebut saya salah jika bilang bahwa SEO itu tidak penting lagi karena algoritma Google sudah berevolusi menjadi kecerdasan buatan.

Saya rasa pendapat saya sebelumnya dikarenakan kesombongan saya sendiri. Saya besar kepala hanya karena blog saya nangkring di page one Google paling atas. Suatu kesombongan yang saya rasa tidak perlu saya lakukan lagi di masa depan.

Semoga ini menjadi pelajaran bagi saya sendiri.

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *