SEO Nggak Penting Lagi?

Sekitar 5 hari yang lalu saya membuat sebuah artikel dengan judul Haruskah Membuat Postingan Lebih Dari 300 kata? yang mana tulisan tersebut hanya terdiri dari nnggg… 48 kata. Tulisan yang simple, tegas, to-the-point dan murni pendapat saya saja. Dan jujur saja, tulisan tersebut saya buat hanya untuk memenuhi target harian saya.

Iseng-iseng, karena penasaran saya mencoba melihat ada di mana tulisan tersebut di hasil pencarian Google. Saya ketikan judul lengkapnya di kotak pencarian Google. Hasilnya ternyata lumayan. Ada di page one paling atas.

Saya berpikir, “Huh? Oke, mungkin karena pencarian saya berupa judul artikel yang sama persis. Mari kita kurangi sedikit”. Sayapun menutup lalu membuka incognito sekali lagi agar cache-nya tidak tersimpan yang mana hal tersebut bisa mempengaruhi hasil pencarian. Kali ini saya mengetik “posting lebih dari 300 kata”.

Well, hasilnya ternyata masih sama. Artikel saya yang terdiri dari 48 kata masih memuncaki page one. Lalu saya mencoba lagi sekali lagi, kali ini saya mengetikan “lebih dari 300 kata”.

Dan hasilnya bisa Anda tebak sendiri.

Yup, masih sama.

Sayapun berpikir, “WHAT THE F**K? Artikel kayak gitu bisa masuk page one? Paling atas pula? Itu teorinya bagaimana?”.

Setelah tenang saya mulai berpikir bahwa, tampaknya sekarang algoritma pencarian Google sudah benar-benar berubah. Bukan algoritma lagi mungkin, tetapi sudah artificial intelligence alias kecerdasan buatan. Sepertinya artikel 48 kata saya ada benarnya, membuat artikel panjang dengan kajian yang mendalam bukan lagi suatu hal yang diperhatikan oleh kecerdasan buatannya Google. Lalu apa?

Entahlah…

Saya sendiri tidak begitu mengerti bagaimana cara berpikir kecerdasan buatan ini dalam menentukan ranking suatu website di hasil pencarian. Apakah sekarang membuat artikel panjang tidak menentukan ranking Anda lagi? Apakah membuat artikel penuh keyword tidak lagi suatu yang seksi di mata Google? Apakah SEO nggak penting lagi?

Entahlah…

Tetapi yang pasti, sekarang saya menjadi lega karena blog saya bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian walaupun tanpa menerapkan satupun teknik SEO. Hal itu membuat saya menjadi bebas menulis sesuka hati saya dengan tenang tanpa satupun yang mengekang tulisan saya.

Ah, saya bisa melihat masa depan yang cerah pada blog ini.

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *