Minutes

Mengapa Manusia Bisa Kehabisan Ide?

mengapa-manusia-bisa-kehabisan-ide

Tulisan kali ini cukup sulit. Sulit karena saya merasa tidak menemukan ide apapun tentang yang akan ditulis. Hal itu membuat saya heran, mengapa bisa begitu? Mengapa saya, seorang manusia bisa kehabisan ide?

Padahal kalau diingat-ingat lagi, suatu hari saya seakan-akan memiliki ide yang tidak terbatas. Atau setidaknya, banyak sekali. Saya pernah suatu hari memiliki banyak ide tentang aplikasi dan game Android. Pernah memiliki ide tentang film, novel, model bisnis bahkan strategi perang.

Tapi mengapa?

Mengapa pada saat tulisan ini diketik saya benar-benar kehabisan ide. Sampai-sampai saya harus menulis tentang kehabisan ide itu sendiri.

Apakah manusia perlu sebuah makanan khusus untuk bisa memunculkan ide-ide cemerlang?

Mungkin.

Apakah manusia perlu dalam keadaan mood tertentu agar ide-ide bermunculan?

Mungkin.

Aneh, semakin banyak saya mengetikkan kata-kata di artikel ini, perlahan-lahan saya menemukan jawaban akan pertanyaan saya sendiri.

Manusia butuh suatu tujuan agar bisa memunculkan ide.

Ya, itulah jawaban yang keluar dari pikiran saya beberapa detik lalu. Tapi mari kita analisa sedikit jawaban yang muncul entah dari mana tersebut.

Anggaplah sekarang saya membuat tulisan ini karena saya tidak ingin membuat rentetan artikel di blog ini berhenti. Saya tidak ingin melewatkan satu hari-pun tanpa menulis artikel. Jika saya tidak menulis satu hari saja, saya takut akan muncul hari-hari lainnya di mana saya tidak menulis artikel.

Ketakutan tersebut membuat saya berpikir, “Ah, buat saja artikel tentang kehabisan ide. Pendek saja, yang penting ada”. Tetapi kenyataannya, saya malah menemukan suatu ide dari kegiatan menulis ini. Saya menemukan jawaban mengapa manusia bisa kehabisan ide.

Manusia kehabisan ide jika ia tidak punya tujuan!

Tujuan saya membuat artikel ini adalah mencari jawaban mengapa manusia bisa kehabisan ide. Dengan begitu barulah muncul ide mengapa manusia kehabisan ide!

Serta ide tentang bagaimana agar kehabisan ide tidak terjadi lagi!

Ya! Untuk bisa menghasilkan ide, kita sebagai manusia butuh tujuan. Sekarang di samping saya ada sebuah korek api Zippo. Jika saya memantapkan tujuan saya untuk menulis artikel tentang Zippo di blog ini, saya bisa membuat tulisan yang panjang sekali tentang seluk beluk Zippo di blog ini!

Wow, jujur saja. Saat ini saya sudah memiliki banyak ide-ide yang muncul entah dari mana. Secepatnya saya akan membuat draft tentang ide-ide tersebut. Sepertinya bukan makanan atau mood yang bisa menunculkan ide. Tetapi sebuah tujuan yang pasti, maka ide akan muncul.

Luar biasa.

0 Comments

Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

    Reply your comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked*