Jangan Biarkan Tulisanmu Dikekang

Pada postingan pertama saya di blog ini, saya menulis tentang kegagalan ngeblog yang saya alami sebelumnya. Saya merasa ngeblog itu adalah sesuatu yang sulit, sesuatu yang tidak mudah, sesuatu yang banyak menghabiskan waktu dan pikiran.

Tetapi jika diingat-ingat lagi, sebenarnya apa yang membuat ngeblog terasa seperti pekerjaan yang melelahkan?

Blog saya sebelumnya berisi tentang tutorial membuat aplikasi Android, pemrograman dan berbagai informasi tentang dunia teknologi. Sebuah bidang yang cukup saya kuasai.

Menulis tentang topik yang Anda kuasai tentu bukan hal yang sulit, bukan?

Tetapi, mengapa pada kenyataannya hal tersebut terasa sulit?

Saya benar-benar ingat, untuk membuat sebuah postingan tutorial membutuhkan waktu setidaknya 3 hari sebelum tulisan itu bisa dipublish. Itu yang tercepat.

Paling lama saya membutuhkan waktu 1 bulan untuk membuat sebuah tutorial.

Pada proses penulisan, saya akan menemukan banyak hal yang seharusnya tidak perlu saya pikirkan. Seperti SEO, persaingan, kata kunci, jumlah kata, meta-tag dan lain sebagainya.

Apakah itu yang membuat saya merasa terkekang?

Sepertinya iya.

Setiap akan membuat paragraf baru di tulisan tutorial, saya selalu berpikir keras. Apa kira-kira kalimat yang cocok? Apakah saya perlu menyelipkan humor di sini? Apakah saya perlu mencantumkan informasi yang jarang orang ketahui agar saya terlihat lebih pintar?

Sudah barang tentu hal tersebut menjadi hal yang melelahkan. Jika sudah merasa lelah, saya memilih untuk beristirahat.

Istirahat yang biasa dilakukan seorang procrastinator. Browsing meme hingga lupa dengan tulisan yang dibuat.

Lupa tujuan hidup.

Namun, menjadi hal yang melegakan saya setelah saya memilih untuk memulai semuanya dari awal. Tanpa memikirkan SEO, tanpa memikirkan keyword, tanpa memikirkan semua hal yang hanya dipikirkan oleh blogger profesional.

Karena saya bukan seorang blogger profesional.

Oleh karena itu, bagi Anda yang juga mengalami hal sama seperti saya. Saya sarankan untuk melepaskan semua hal yang mengekang tulisan Anda. Biarkan masalah SEO, keyword, Adsense dan segalanya itu dilakukan oleh mereka yang mengerti akan hal tersebut. Bagi Anda yang benar-benar ingin ngeblog, maka ngeblog-lah.

Jika ada satu hal kecil saja yang terasa sebagai hambatan, maka lepaskan. Fokus pada tulisan, fokus pada kreatifitas, fokus pada diri Anda sendiri.

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!