Jadi, begini rencananya…

Setelah melakukan berbagai pertimbangan dengan teliti hingga benar-benar matang (dengan segala proses penting seperti melamun dan browsing meme), saya akhirnya memutuskan beberapa rencana yang akan saya lakukan pada beberapa blog dan channel YouTube yang saya kelola.

Nah, supaya tidak lupa di kemudian hari, saya putuskan pula untuk menuliskan rencana-rencana tersebut di blog ini. Jadi kalau lupa, tinggal baca tulisan ini lagi (itupun kalau tidak lupa tulisan ini pernah eksis).

Apa saja rencananya?

Untuk Blog DipoPutra.com

Akan tetap dan bahkan lebih fokus menjadi blog pribadi dengan segala tulisan penting dan tidak pentingnya.

Setelah ini saya hanya akan menulis tentang pengalaman pribadi dan akan jarang menulis tutorial.

Dengan begitu, di blog ini juga tidak akan membahas tentang tutorial DaVinci Resolve lagi. Karena saya merasa lebih baik tutorial DaVinci Resolve dikemas dalam bentuk video saja.

Selain itu, yang namanya blog pribadi tentu saja akan ada tulisan-tulisan tentang pengalaman-pengalaman tentang proses pembuatan video dan tulisan-tulisan ringan lainnya.

Ya, blog ini akan full-time jadi blog pribadi.

Atau blog personal.

Slogannya blog ini tetap A Professional Procrastinator.

Untuk Channel YouTube Dipo Putra

Nah, karena arah angin lebih kencang ke arah konten dalam bentuk video daripada konten berupa tulisan, maka mau tidak mau saya harus fokus membuat konten berkualitas di channel YouTube saya.

Segala ide-ide menarik dan tutorial akan saya kemas dalam bentuk video YouTube. Bisa dibilang saya akan lebih fokus ke YouTube daripada blog. Karena itu juga saya memutuskan untuk menjadikan blog ini sebagai blog pribadi saja. Jadi saya tidak perlu membuat dua konten terpisah dengan pembahasan yang sama atau membuat konten yang ‘terintegrasi’ satu sama lain seperti saat ini. Terlalu merepotkan pengunjung dan penonton ketika harus bolak-balik baca artikel lalu nonton video lalu baca artikel lagi.

Apa saja yang akan saya bahas di channel YouTube saya?

Well, tentu saja, sebuah channel yang baik dan bisa menarik subscriber adalah channel yang memiliki topik pembahasan tertentu. Atau biasa dibilang niche. Maka niche channel YouTube saya adalah content creation. Alias pembuatan konten.

Saya akan membahas apa saja yang berhubungan dengan content creation. Baik itu konten video YouTube ataupun konten untuk sosial media. Tutorial dan tips tentang content creation. Alat-alat untuk pembuatan konten dan sebagainya.

Seperti apa contohnya?

Seperti tips membuat konten yang baik dan benar, cara merekam audio yang baik dan benar, cara berbicara di depan kamera yang baik dan benar, cara menggunakan kamera yang baik dan benar dan yang baik dan benar lainnya.

Tentu saja tutorial software-software video editing maupun software content editing lainnya serta tips YouTube seperti yang sudah saya lakukan sejauh ini.

Dengan begitu maka sekarang konten di blog saya dan konten di channel saya akan berbeda. Saya tidak akan meminta penonton untuk membaca artikel di blog saya seperti yang saya lakukan sebelumnya dan blog saya tidak akan memposting video YouTube saya lagi.

Keduanya sekarang memiliki jalannya masing-masing.

Untuk slogan channel YouTube, saya masih mencari yang cocok. Sudah dapat satu tapi perlu pertimbangan lagi (dengan banyak melamun dan browsing meme tentunya).

Selain itu, domain dipoputra.id juga akan saya redirect ke channel YouTube saya.

Untuk Blog Artupop ID

Setelah sebelumnya saya sedikit galau mau dibawa ke mana Artupop ID, sekarang keputusan bulat sudah saya dapatkan:

Artupop ID akan jadi blog teknologi!

Saya putuskan Artupop ID untuk membahas tentang teknologi. Baik itu hardware atau software komputer, jaringan komputer, tutorial tentang komputer dan tentu saja: GAME!

Dengan melebarkan fokus seperti ini, maka saya bisa membahas banyak hal di Artupop ID. Tidak hanya tentang game saja. Namun berbagai hal menarik tentang teknologi yang ada di sekitar saya.

Contohnya saya bisa membuat tutorial tentang jaringan, cara membersihkan PC, cara backup harddisk, setup RAID, membuat server, membuat NAS dan banyak hal tentang teknologi yang seharusnya saya buat dari dulu.

Entah mengapa baru kepikiran sekarang.

Dan ya, begitulah. Bagaimana kelanjutannya kita tunggu saja.

Slogan Artupop ID adalah: Blog Teknologi!

Straight to the point…

Untuk Channel YouTube Artupop ID

Nah, seperti blognya, channel Artupop ID akan sejalan dengan blognya. Tidak hanya sejalan tapi juga memiliki konten yang sama namun beda format. Yang satu berupa tulisan, yang satu lagi berupa video.

Misalnya saya membahas tentang cara menggunakan MikroTik di blog, maka saya juga akan membuat video tentang cara menggunakan MikroTik di channel. Kemungkinan saya juga menjadikan artikel di blog sebagai script untuk video.

Mengapa?

Well, untuk menghemat waktu saja sebenarnya. Karena saat ini saya masih mengelola semuanya sendirian. Jadi, daripada membuat script lagi untuk konten yang sama, lebih baik saya buat saja artikel yang enak dibaca sekalian enak dijadikan script video.

Namun tentu saja, saya belum mengupload video apapun di channel Artupop ID. Bagaimana kelanjutannya, seperti sebelumnya, kita lihat saja.

Slogan untuk channel YouTube Artupop ID adalah: Channel Teknologi!

Bagus bukan?

Untuk sosial media Artupop ID nantinya akan menggunakan pola yang sama. Seperti IG Teknologi, Tweet Teknologi dan sebagainya.

Untuk Channel Kurang Kerjaan

Ini tidak perlu dibahas. Kurang Kerjaan adalah channel state of the art yang senantiasa mengupload video nggak penting.

Penutup

Oke, rencananya yang solid menurut saya. Tidak sia-sia rasanya memperbanyak melamun dan browsing meme untuk mendapatkan rencana yang solid seperti ini.

Well, semoga saja semuanya berjalan sesuai rencana dan berhasil pada akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.