Banyak Posting untuk Meningkatkan Ranking di Google?

Blog ini sekarang sudah memiliki lebih dari 20 tulisan. Cukup banyak untuk sebuah blog yang baru 1 bulan dibuat. Tapi harus saya akui juga bahwa tulisan-tulisan yang saya buat masih sekedar tulisan-tulisan alakadarnya. Cuma tulisan yang dibuat untuk menjaga rentetan saya yang telah mencapai 24 hari berturut-turut. Lalu, sebenarnya apa motivasi saya untuk menjaga rentetan 24 hari berturut-turut ini?

Walaupun tidak pernah saya pikirkan matang-matang, memposting tulisan setiap hari selalu terlintas di pikiran saya sebagai salah satu cara untuk menaikkan rangking blog saya di hasil pencarian Google.

Maksudnya begini, saya sama sekali tidak tahu kalau cara ‘posting tiap hari’  benar-benar bisa menaikkan rangking saya di Google, tetapi saya selalu mendengar bisikan: mana tahu cara ini berhasil?

Jika kita melalukan pencarian tentang kesalahan-kesalahan blogger pemula, maka kemungkinan besar kita akan menemukan bahwa cara memposting setiap hari merupakan suatu kesalahan. Alasannya mudah saja, Google bisa mengganggap tulisan-tulisan di blog Anda sebagai spam atau Google merasa tulisan Anda merupakan tulisan yang tidak berkualitas karena dibuat dalam waktu singkat.

Tapi apakah saya peduli?

Tidak.

Saya merasa bahwa sebaiknya untuk sebuah blog personal, Anda tidak perlu terlalu banyak memikirkan rangking. Karena blog personal memiliki keunikan tersendiri dari pada blog-blog lainnya. Seperti blog bisnis misalnya. Anda tidak harus terlihat professional dalam setiap tulisan Anda. Yang Anda bangun adalah citra Anda sendiri, bukan citra perusahaan. Sehingga tidak ada salahnya Anda posting setiap hari jika Anda memiliki sesuatu untuk diposting. Tanpa perlu riset keyword dan tanpa perlu memikirkan SEO.

Karena saya yakin, blog personal memiliki tempat tersendiri di hasil pencarian Google. Saya yakin algoritma Google bisa membedakan mana blog bisnis dan mana blog personal dari rangkaian kata-kata yang tertuang di setiap postingan blog.

Selain itu, keunikan blog personal adalah ikatan antara pembaca dengan penulis blog lebih kuat. Karena pembaca bisa berinteraksi langsung dengan si penulis blog. Sekali lagi saya yakin algoritma Google bisa membedakan ini dan memberikan nilai plus bagi blog personal yang memposting setiap hari. Alasannya? Karena Google tahu mana blog yang Anda kunjungi untuk sekedar melihat balasan komentar dari si penulis blog.

Semakin banyak manusia yang berinteraksi pada suatu blog, maka semakin menarik pula blog itu di mata Google.

Mungkin analisa saya tentang algoritma Google ini sedikit aneh. Bahkan mungkin baru sekali ini Anda mendengar tentang itu. Well, saya bukan ahli SEO. Jika saya ingin sombong sedikit, saya bisa katakan diri saya adalah seorang pengamat algoritma pencarian Google.

Bagaimana tidak? Saya pakai Google tiap hari.

Oleh karena itu, keyakinan tentang algoritma Google yang seperti itu mendorong saya untuk tetap posting setiap hari tanpa perlu memikirkan rangking atau apalah itu.

Yang penting banyak posting!

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!