Apakah Sudah Telat Bikin Channel YouTube di 2018?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini YouTube telah memperketat aturan monetisasi. Yang mana aturan tersebut akan sangat memberatkan mereka yang baru akan memulai channel YouTube di tahun 2018 ini.

Bagaimana tidak? Agar bisa menampilkan iklan di video Anda, sekarang Anda harus memiliki 4.000 jam penayangan dan 1.000 subscribers. Sebuah target yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Terlebih jika Anda berencana membuat konten original dengan tim kecil atau malah seorang diri.

Lalu sekarang timbul pertanyaan, apakah sekarang sudah terlambat untuk memulai channel YouTube?

Well, iya dan tidak.

Sudah terlambat jika…

Anda ingin menghasilkan uang secara cepat melalui YouTube.

Tidak ada bedanya dengan blog. YouTube harus kita akui sekarang sudah menjadi pengganti blog sebagai sarana menghasilkan uang dari internet. Banyak… Maksud saya, SUANGAT BUANYAK orang yang tertarik menjadikan YouTube sebagai sarana pemasukan. Orang berbondong-bondong membuat channel YouTube dengan harapan agar nantinya mereka bisa menghasilkan uang.

Tidak ada yang salah memang. Semua orang punya hak untuk itu. Tidak ada yang melarang Anda menghasilkan uang dari internet.

Tetapi, seperti yang bisa Anda baca lagi pada kalimat di atas yang saya cetak tebal: menghasilkan uang secara cepat. Maka masalah muncul…

Banyak kita temui saat ini di YouTube, video-video yang pada dasarnya hanya melakukan re-upload video orang lain. Apakah itu video dari channel orang lain yang sudah terkenal, atau video dari channel luar negeri yang di-dubbing tanpa izin, atau rekaman acara televisi.

Selain itu juga ada video yang sama sekali tidak sesuai judul yang diberikan atau video dengan thumbnail yang direkayasa sedemikian rupa sehingga video tersebut terlihat mencengangkan, alias click-bait.

Ya, video-video seperti yang saya sebutkan di atas adalah contoh video-video yang ada karena satu hal: menghasilkan uang secara cepat.

Dan sekali lagi, saya juga tidak menyalahkan orang yang mengupload video hanya untuk menghasilkan uang secara cepat. Siapa juga yang tidak mau mendapatkan uang secara cepat tanpa banyak usaha? Saya juga mau.

Namun juga tidak bisa kita pungkiri bahwa aturan monetisasi baru yang diterapkan YouTube juga disebabkan oleh video-video penghasil uang secara cepat tersebut. Oleh karenanya YouTube kini mempersulit syarat sebuah channel untuk dapat menghasilkan uang secara cepat. Kini YouTube ingin Anda menghasilkan uang agak lama dan dengan lebih banyak berusaha.

Untuk mendapatkan 4.000 jam penayangan, Anda wajib memiliki video yang memang patut ditonton. Jika video yang Anda buat ternyata membuat orang tidak betah menontonnya selama beberapa detik, maka orang akan lari dari video Anda. Anggaplah Anda membuat video dengan panjang 10 menit, tetapi ternyata kualitas video tersebut buruk, maka kemungkinan orang akan berhenti menonton setelah 10 detik. Hal tersebut akan membuat jam penayangan Anda bergerak lambat.

Selain itu, Anda juga memiliki tantangan lainnya yaitu jumlah subscribers yang minimal 1.000. Nah, jika video yang Anda buat ternyata tidak enak ditonton, siapa yang mau subscribe?

Oleh karena itu menurut saya, jika Anda berniat untuk menghasilkan uang secara cepat melalui YouTube, maka Anda sudah terlambat. Saat ini sudah banyak channel-channel penghasil uang secara cepat yang sudah memiliki banyak subscribers. Video-video di channel seperti itu juga sudah mengalami peningkatan kualitas, karena pengalaman si creator yang membuat. Sehingga akan menyulitkan Anda yang baru memulai membuat channel penghasil uang untuk bersaing.

Tetapi…

Belum terlambat jika…

Anda memiliki sebuah passion yang ingin Anda abadikan dalam bentuk video dan dibagikan ke khalayak ramai.

Dengan begitu, pada kenyataannya , Anda tidak akan pernah terlambat memulai sebuah channel YouTube.

Passion adalah sesuatu yang Anda kerjakan tanpa mengenal lelah. Anda selalu bersemangat mengerjakannya, selalu ingin melakukannya lagi di hari berikutnya dan membuat Anda ingin hidup untuk selamanya.

Tentunya passion bukan sesuatu yang bisa membuat Anda merasa bersalah dan merugikan orang lain atau diri Anda sendiri.

Coba Anda perhatikan mereka-mereka yang sudah terkenal di YouTube, pada dasarnya orang-orang tersebut adalah mereka yang memiliki passion di bidang tertentu. Seperti bermain game, bermain slime, traveling, makan, melukis, olahraga, filmmaking, photography, otomotif dan lain sebagainya.

Hanya saja, karena kita hidup di jaman teknologi informasi, orang-orang yang memiliki passion tersebut bisa membagikan aktivitas yang mereka lakukan melalui media berupa video dan tersedia untuk ditonton oleh khalayak ramai melalui situs berbagi video. Dalam hal ini YouTube.

Tanpa ada YouTube sekalipun, orang-orang yang memiliki passion akan tetap melakukan aktivitasnya. Orang yang memiliki passion di dunia photography akan tetap menekuni dunia photography-nya tanpa ada yang bisa menghalangi. Orang yang memiliki passion di dunia musik akan tetap bermusik tanpa memikirkan seberapa banyak orang yang mendengarkan musiknya.

Orang yang memiliki passion, tidak akan pernah kehabisan topik pembicaraan tentang apa yang menjadi passionnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki passion pada suatu bidang, maka tidak ada yang melarang Anda untuk membuat video tentang passion Anda dan menguploadnya di YouTube.

Bagi Anda yang punya passion di bidang photography misalnya, buatlah video yang menceritakan pengalaman Anda menekuni bidang photography, buat video tutorial, buat video tips dan trik, buat video tentang rekomendasi kamera, buat video review kamera, buat video tentang semua yang berhubungan dengan passion Anda. Maka saya jamin, Anda tidak akan pernah lelah melakukannya. Anda tidak akan peduli dengan jumlah subscribers atau jam penayangan. Subscribers akan datang dengan sendirinya. Orang yang melihat video Anda yang penuh rasa percaya diri membahas tentang passion Anda akan tertarik untuk menonton video Anda selanjutnya. Itulah alasan orang untuk subscribe sebuah channel.

Bukan hanya karena subscribe itu gratis.

Tapi tentu saja, tidak semua channel seperti itu akan berhasil dengan cepat. Terkadang butuh waktu untuk mendapatkan 1.000 subscriber. Berapa lama? Ada yang butuh waktu 6 bulan, 1 tahun bahkan 5 tahun untuk mencapai 1.000 subscriber.

Terdengar melelahkan memang. Tidak semua orang akan berhasil dalam mengelola sebuah channel dengan konten original. Banyak yang gagal dan merasa apa yang dilakukannya sia-sia belaka. Seperti yang sudah kita bahas, jika Anda mengelola channel YouTube untuk menghasilkan uang dengan cepat, maka Anda sudah terlambat. Tetapi jika Anda benar-benar memiliki passion, maka Anda boleh memulai channel YouTube kapan saja Anda mau. Bisa nanti, besok atau setelah keluar aturan monetisasi yang lebih ketat lagi.

Semuanya tergantung motivasi Anda. Uang atau Passion?

Author: Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!