Personal Blog

5 Software Video Editing PC Terbaik Buat YouTuber Pemula

5-software-video-editing-pc-terbaik-buat-youtuber-pemula

Bagi Anda memiliki angan-angan menjadi seorang Youtuber, sudah pasti Anda tahu bahwa salah satu ‘benda’ yang wajib dimiliki seorang Youtuber adalah software untuk melakukan editing video.

Well, langsung rekam dan upload boleh-boleh saja sih. Tapi apakah hasilnya bisa maksimal? Terkadang kita perlu menambahkan musik agar video kita bisa sedikit lebih menarik, terkadang kita perlu menambahkan sound effect atau tulisan di video kita, atau terkadang kita melakukan kesalahan pada saat proses shooting dan perlu untuk di-cut.

Semuanya itu bisa kita lakukan dengan software video editing.

Nah, ada banyak pilihan software video editing di luar sana. Mulai dari yang mudah digunakan hingga yang rumit. Ada yang gratis ada yang berbayar. Ada yang untuk komputer ada pula yang untuk smartphone.

Tapi tentunya sesuai judulnya kali ini kita akan membahas software untuk komputer dan software yang terbaik digunakan untuk Youtuber pemula.

Apa saja?

1. DaVinci Resolve

Jujur saja, saya tidak ingin membuang waktu Anda lebih lama lagi membaca dan mencari-cari apa software terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video YouTube Anda.

DaVinci Resolve adalah jawabannya.

Software ini gratis, mudah digunakan, tanpa watermark, bisa import video YouTube hingga resolusi 2K, ukuran file video optimal, digunakan oleh profesional, lebih baik daripada Adobe Premiere Pro dan bisa menghilangkan ketergantungan Anda pada software bajakan!

Saya sudah banyak menghabiskan waktu saya untuk mencari-cari apa software video editing terbaik yang bisa ditemukan di dunia ini. Dan tidak ada yang lebih baik daripada DaVinci Resolve.

Sekarang semuanya tergantung Anda, apakah masih ingin mencari atau langsung download DaVinci Resolve langsung ke situs resminya.

Saya punya sedikit tutorial untuk pemula. Anda bisa baca di link ini. Ada tutorial di YouTube dari saya juga.

2. Filmora

aplikasi edit video youtube gratis

Jika Anda penasaran apa software video editor terbaik yang kedua, maka jawabannya adalah Filmora.

Software ini sendiri sih gratis, tapi ada watermark pada hasil akhirnya. Namun jika Anda ingin menggunakan full version, maka harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal menurut saya. Software ini dibanderol dengan harga $59. Lebih murah daripada harga sebuah kamera maupun smartphone berkualitas.

Dari sisi penggunaan, software ini bisa dibilang sangat mudah digunakan. Tidak banyak hal yang perlu Anda pelajari sebelum menggunakan software ini. Effect-effect menarik sudah disediakan. Titles menarik juga ada.

Nilai plus saya berikan ke pada Wondershare sebagai developer Filmora yang rajin membuat artikel-artikel bermanfaat buat filmmaker pemula maupun YouTuber pemula di blog mereka.

3. PowerDirector

Ah, PowerDirector. Salah satu software yang membawa saya sedikit bernostalgia sebelum menemukan DaVinci Resolve.

Saat menggunakan PowerDirector, saya memang sudah ada niat untuk tidak lagi menggunakan software bajakan. Saya bahkan sudah mengumpulkan uang untuk membeli software ini. Namun apa daya, saya menemukan DaVinci Resolve dan PowerDirector mulai saya tinggalkan.

Tapi bukan berarti software ini jelek. Cuma kalah bagus dari DaVinci Resolve saja.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh PowerDirector memang lebih lengkap dari Filmora. Selain itu fitur-fitur PowerDirector cukup menyasar kalangan professional. Jadi memang ada yang perlu dipelajari sebelum bisa menggunakan software ini.

4. MAGIX Movie Edit Pro

Software yang satu ini juga membawa saya sedikit bernostalgia. Saya pertama kali menemukan software ini sebagai bundle dari motherboard merek AsRock. Bukan MAGIX Movie Edit Pro yang dibundle sih, cuma versi lite-nya saja. Tapi itu yang membuat saya berkenalan dengan MAGIX Movie Edit Pro.

Well, saya belum pernah mencoba MAGIX Movie Edit Pro ini secara langsung. Tapi dari harga yang ditawarkan dan review-review positif yang saya temui di internet, saya bisa menyarankan software ini termasuk software yang cukup baik untuk Youtuber pemula.

5. Adobe Premiere Elements

Yang satu ini adalah pelengkap list 5 software saja. Saya sama sekali tidak tahu software ini bisa apa, harganya dan tidak tahu apakah ini versi Adobe Premiere Pro yang lebih murah atau lebih mudah atau bagaimana.

Dari yang saya baca software ini cukup bagus digunakan oleh pemula. Jadi ya…. begitulah.

Tapi seperti yang saya bilang di poin pertama tadi, pakai saja DaVinci Resolve.

Penutup

Sudah sudah… Pakai saja DaVinci Resolve. Anda tidak akan menyesal. Sama sekali tidak. Software kelas Hollywood. Gratis. Tanpa Watermark. Mudah digunakan. Resolusi 2K. Fitur lengkap.

Apa lagi yang Anda cari?

0 Comments

Dipo Putra

Seorang pelukis gagal, musisi gagal, blogger gagal, audio engineer gagal, novelis gagal, mangaka gagal, programmer gagal, nuclear engineer gagal dan app developer gagal. Dari semua kegagalan itu akhirnya saya sadar akan satu hal yang tak pernah gagal saya lakukan: Procrastinating!

    Reply your comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked*